20.2.08

WORLDWIDE PROPAGANDART






Investigate and deconstruct everything because a person and the simplified symbol they have become aren't always the same thing.
Shepard Fairy


Shepard Fairy adalah pemuda yang menjadi fenomena dalam dunia design. Berbagai kontroversi muncul atas fenomena seni "avant garde" yang diusung pemuda yang waktunya banyak dihabiskan sebagai aktivis dan skater jalanan ini.
Setiap kampanye yang dilakukan Shepard merupakan eksperimen fenomenologis terhadap reaksi sosial atas apa yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Keabsenan makna atau pesan dalam karya artworknya menjadi semacam pukulan terhadap kultur pasif konsumstif masyarakat yang selalu mengharapkan sesuatu yang verbal akan tiap hal. Pro kontra bahkan cemooh dan hinaan bebas kita lakukan terhadapnya selama apresiasi bisa memicu kepedulian positif terhadap apa yang diusungnya. Wajah "Andre the Giant" tidak saja menyertai poster, stiker dan artwork lainnya tanpa makna, tetapi sudah menjadi ikon propagandis yang fleksibel untuk beberapa subkultur. Dengan tambahan "OBEY" yang dibajak dari federasi wrestling WWF.

Image Sources : Obey Giant

Tidak ada komentar: