31.10.07

CREATING A BRANDED EXPERIENCE : THE BAHAMAS

We want people to look at The Bahamas again and again.


– Vincent Vanderpool-Wallace, Former Director General, Ministry of Tourism, The Islan
d
s Of The Bahamas

Kepulauan Bahama adalah negara yang unik;serangkaian tujuh ratus pulau yang terbentang sepanjang hampir seribu kilometer (sebelah timur Palm Beach Florida dan sebelah utara Kuba). Hanya tiga puluh pulau ini didiami, dengan populasi total sekitar 300 ribu orang. Bahama bukan negara pulau melainkan negara yang terdiri dari banyak pulau. (sama bukan dengan Indonesia)Pada 2003 silam, tempat pariwisata di Karibia secara bertahap memulihkan diri setelah mengalami penurunan jumlah wisatawan pasca serangan teroris 11 September 2001. Tetapi imbas dirasakan oleh kepulauan Bahama mengingat pemulihannya dirasa paling lambat.

Pariwisata di wilayah Karibia tumbuh pada kecepatan 7 persen, sedangkan kecepatan pemulihan Kepuluan Bahama hanya 4,3 persen, dan Departemen Pariwisata setempat beranggapan bahwa penyebabnya adalah cara pemasarannya yang dirasa kurang progressif. Mengingat pariwisata mencakup 60 persen produk domestik bruto kepulauan Bahama dan memberikan setengah lapangan pekerjaan yang tersedia di negeri tersebut. Kelangsungan hidup sebagian besar penduduknya menuntut adanya perubahan besar.

Kepulauan Bahama dipandang secara satu dimensi - persinggahan tropis singkat untuk bersenang-senang di bawah sinar matahari. Tetapi negara itu adalah kepulauan yang terdiri atas tujuh ratus pulau, dengan airnya yang terjernih di dunia dan luas rentang wilayah geografis, kebudayaan, kegiatan serta kepribadiannya. Kepulauan ini memiliki reruntuhan kuno, cagar kuda liar, taman patung, keunikan geologis, spesies langka flora dan unggas, mata air yang menyembuhkan dan gereja serta bangunan sejarah - yang kebanyakan tidak diketahui para wisatawan yang cuma berjemur dipantai. Kekayaan sesungguhnya pulau ini belum banyak diketahui orang, dan itulah yang menjadi masalah terbesar negara tersebut.

Membangun merk melalui desain.


Duffy Design menangkap bentuk geografis maupun semangat Kepulauan Bahama dengan logo ini. Semua orang Bahama merasa terwakili, dan desain ini memberikan negara itu suatu kerangka untuk memasarkan beragam tawarannya. Para perancang Duffy mendasarkan sistem identitas grafis tersebut pada bentuk geografis kepulauan itu. Setiap pulau direpresentasikan dalam bentuk dan warna berbeda. Secara keseluruhan, gambar-gambar itu menampilkan kepulauan indah dan berwarna-warni.

Logo ciptaan tersebut bersifat simbolis sekaligus instruktif. Para tim kemudian menggunakan logo tersebut sebagai dasar suatu sistem yang sangat fleksibel, di mana setiap bentuk dan warna pulau bisa digunakan sendiri-sendiri sebagai merk pulau tersebut. Serangkaian proses dan presentasi membawa hasil yang menggembirakan dan mampu menggerakkan semua orang maupun semua lini di bisnis tersebut. Brand baru tersebut dianggap mengandung kekuatan, dan mereka melihat peran mereka sendiri di dalamnya. Hal tersebut membuat orang-orang Bahama yakin bahwa pemerintah mereka inovatif-dan bekerja keras untuk membantu mereka.

Mereka merasa untuk pertama kalinya, bahwa mereka memiliki perbedaan dan kelebihan yang sekaligus menjadi potensi bagi mereka sendiri. Hal itulah yang menggerkakan masing-masing orang bergerak dalam bisnis pariwisata untuk mulai berpikir dalam satu brand. Sedangkan keseluruhan kampanye pemasaran tersebut adalah cara pandang Carribian experiential terhadap kepulauan Bahama. Kebenaran inti Kepulauan Bahama adalah rentang pengalaman yang mereka tawarkan. Kebenaran inti masalah bisnisnya adalah pulau-pulau luar membutuhkan lebih banyak dukungan dibanding lokasi yang sudah terkenal. Yang harus mampu dikomunikasikan adalah keragaman pengalaman tersebut. Gagasan keragaman itulah yang menjadi prinsip dasar para tim, sedangkan tema yang dipilih adalah "Island Hopping" (lompat dari pulau ke pulau). Slogan ini memang terkesan sangat tidak cerdas tetapi jika ingin membantu kepulauan tersebut, itulah cara langsung mempromosikannya. Media internet pun dipilih dan diluncurkan. Situs tersebut memperlihatkan Kepulauan yang pantas dibanggakan oleh para warganya, mereka menganggap bahwa sekarang mereka punya cara untuk memberitahu kepada warga dunia apa yang negaranya miliki. Selain memberikan identitas baru, situs web tersebut sangat mudah dinavigasi sehingga pengguna ingin menggali lebih dalam. Sehingga para pengguna pun bisa belajar banyak tentang kegiatan dan pemandangan di Kepulauan bahama. Bahamas.com adalah sarana paling ampuh yang sangat mudah digunakan, informatif, dan menyenangkan yang menghidupkan pengalaman 'Island Hopping". Setelah menciptakan posisi, identitas, dan situs web kemudian tiom menjalankan langkah terakhir, yaitu mengabarkan pesan melalui kampanye iklan televisi, maupun media lainnya (majalah gaya hidup, radio, dan tentu saja internet).

Hasil dari sebuah kerja kolaboratif yang membanggakan....

Tidak ada komentar: