27.10.07

MAYA UBUD

UPAYA MAKSIMAL MENGAPRESIASI ALAM MENGGUGAH SEBUAH KAWASAN PERBUKITAN DI UBUD MENJADI VILLA "PERKAMPUNGAN" YANG PENUH KEJUTAN.

DENTON CORKER & MARSHALL (DUTA CERMAT MANDIRI JKT)
Maya Ubud sebuah resort - terletak di punggung bukit yang diapit dua lembah, Sungai Petanu, dan salah satu anak sungainya - yang di desain bergaya perkampungan, hadir menjawab satu fenomena tersebut.
Resort yang mengedepankan konsep natural ini mampu menyulap lahan seluas dua belas hektar yang terdiri dari punggung bukit, lembah, dan jurang terjal yang mengerikan menjadi kekuatan lansekap yang menakjubkan !. Dengan mengadopsi langgam lansekap pedesaan di Bali, arsitek merancan site plan dengan menarik aris as utama utara-selatan pusat dan tolok ukur pembangunan lingkungan villa selanjutnya. Dalam konteks Bali kuno, aris kuat tersebut merupakan terjemahan dari as utama kaja - kelod yang secara spiritual menghubungkan gunung-gunung di Bali Tengah (kaja) dengan laut di selatan (kelod).


Setelah melalui bangunan lobby, tiga kawasan perkampungan villa dirancang mengikuti lengkungan tebing, sehingga membentuk lansekap oval. Masing-masing perkampungan pun mempersembahkan view berbeda. View persawahan disebelah kanan dan perbukitan di sebelah kiri. Sebagai penguat garis as utama ditanamlah pepohonan kelapa disepanjang jalan menurun ke arah dasar lembah Maya Ubud. Peletakan lumpang terbalik seolah seperti bebatuan yang bermunculan dari dalam tanah menambah unik pemandangan.

Di balik sensasi yang ditawarkan, Maya Ubud sesunguhnya tak hanya mengadopsi lansekap langgam perkampungan di Bali, tapi jua menganalogikan gaya hidupnya. Ia merefleksikan sebuah desa di sebuah desa di kawasan perbukitan Bali yang memanfaatkan punggung bukit sebagai ruang as terbuka dengan desain bale bengong sebagai tempat berkumpul (ruang komunal). Sementara itu, rumah-rumah penduduk dibangun di kawasan lembah, sehingga harus naik ke punggung bukit jika hendak mengambil air.
Selaras dengan langgam lansekap Bali yang teraplikasi, materi natural lokal pun kukuh mendominasi rancangan villa dan bangunan lain. Sebuah karya yang mengagungkan kebesaran alam dan spirit arsitektur Bali telah berpadu harmonis di Maya Ubud. Selamat buat Budiman Hendropurnomo dan tim DCM....

All image courtesy of Maya Ubud Resort & Spa

Tidak ada komentar: