29.10.07

PRIA YANG "MENINABOBOKAN" FOTOGRAFI



"SEBISA MUNGKIN, SAYA AKAN MENYUGUHKAN FOTO-FOTO YANG SANGAT JAUH DARI KENYATAAN. KARENA SEHARUSNYA MIMPI ADALAH BAGIAN DARI KEHIDUPAN SEHARI-HARI KITA" (DAVID LACHAPELLE)

Imaginatif. Surreal. Penuh warna. Pop. Komersial. Pornografi. Gila..
Dia tak cuma sekedar menjepret, tapi menuturkan sebuah cerita. Merekam realitas, dan kemudian melebih-lebihkannya dengan obyek yang berpose provokatif, wardrobe yang glamor, dan dikelilingi properti serta setting lokasi yang cenderung mengada-ada. Karyanya ada dimana-mana. Dari halaman mode di berbagai media ternama, iklan, MTV, hingga kampanye produk masa sekelas Burger King. Ia menyutradarai klip-klip artis sensasional Hollywood, hingga film dokumenter. La Chapelle akan menghindari reproduksi yang masuk akal dan berfantasi sesuka hatinya. Fotografer pop art kontemporer hingga dedengkot pop art Andy Warhol pun mengabulkan impiannya dengan merekrut La Chapelle sebagai salah satu majalah internasional Interview. Karena peran Warhol, di akhir tahun 1990-an ia perlahan mulai menyapa popularitasnya. Di 1995 ia menerima penghargaan pertamanya sebagai Best New Photographer of The Year oleh majalah French Photo dan American Photo. Yang dilanjutkan dengan titel Top Ten Most Important People in Photography.
Ia telah menerbitkan empat buku fotografi, ditahun berikunya ia telah menyicip ke lahan video dan film. Film berjudul Rize (2005) lolos dalam festival Sundance. Rize adalah film dokumenter yang meceritakan tentang gaya menari krumping yang menyerbu bagian selatan Los Angeles. Fil ini mendapatkan respon yang luar bisadari beberapa media ternama. The Wall Street Journal menyebutnya "Spektakuler!" Rolling Stones menuliskan bahwa, "ini adalah film yang paling penting". Sedangkan The Washington Post berkata lebih panjang, "Rize mengungkap komunitas dengan masalah yang berlipat ganda, kemiskinan, narkoba, dan kekerasan. Dan mereka terlihat keras kepala dan memiliki respon kepahlawanan yang artistik. "Sangat dramatis dan inspirasional."

Tidak ada komentar: